jump to navigation

Kamera DSLR, Buat Fotografi yang Anda Inginkan September 7, 2012

Posted by aditkus in My Photowork.
Tags: ,
trackback

lensa fotografi

Gambar 1
Kamera DSLR memiliki fasilitas lengkap sesuai kebutuhan fotografer

Kamera DSLR (Digital Single Lens reflex) mampu membuat fotografi yang Anda inginkan oleh karenanya Fotografer professional atau orang yang serius menggeluti hobi fotografi  dan banyak juga yang baru belajar fotografi  lebih memilih jenis kamera DSLR. Seperti  kamera saku dan prosumer, kamera DSLR meiliki mode auto. Selain mode auto, tersedia modus “Point-and Shoot” sesuai objek yang difoto, seperti portrait, landscape, Child, Sports, Close up, dan night portrait. Fasilitas ini dapat digunakan pada momen-momen yang menuntut kerja cepat, mudah , praktis, dan tidak membutuhkan kualitas hasil gambar khusus.

Salah satu keunggulan kamera DSLR adalah pada fasilitas Advance modes. Anda dapat memilih beberapa mode seperti: P (Programmed), TV (Time value), Av (Aperture priority auto), dan M (Manual exposure). Pada beberapa kamera tidak memakai symbol Tv tetapi S (Shutter-priority), fungsinya sama. Fasilitas modus inilah yang fotografer prefesional memilih kamera DSLR, disamping kelebihan-kelebihan lainnya. Sebelum memulai menggunakan mode ini banyak pemotret belajar fotografi dari mode basic terlebih dahulu.

Gambar 2
Fasilitas menu seperti ini menjadi salah satu keunggulan kamera DSLR.

Kamera DSLR dapat menbuat fotografi yang Anda inginkan karena kamera DSLR memiliki kelebihan diantaranya adalah:

  • Lensa dapat digonta-ganti sesuai ukuran (jangkauan) yang dibutuhkan. Saya sarankan yang baru belajar fotografi sebaik tidak usah beli macam-macam lensa dahulu. Maksimalkan  lensa kit yang ada dulu karena seperti yang kita tahu harga lensa itu mahal dan ada beberapa jenis tertentu yang melebihi harga body kamera DSLR itu sendiri. Kalaupun mau beli lensa Saya sarankan beli fix lens 50mm, lensa murah meriah kualitas foto maknyussss.

Gambar 3
Fotografer dengan lensa super tele

  • Dapat ditambahkan berbagai aksesoris dan peralatan pendukung seperti tripod, lampu flash eksternal, converter, tudung lensa, dan filter. Nah bagi yang baru belajar fotografi ada beberapa aksesoris wajib yang dibeli anatara lain tripod, tudung lensa dan flash eksternal. Sisanya menyusul tergantung senangnya fotografi jenis apa.

Pemotret dapat memilih kecepatan rana (shutter speed) dan diafragma (aperture) untuk menciptakan image khusus sesuai dengan keinginan dan kreativitas.

Gambar 4
BNI Jogja di Malam Hari

Sumber: Rakhmat Supriyono, Your Guide to Good Photography

Komentar»

No comments yet — be the first.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: