jump to navigation

6 Langkah dalam Belajar Beladiri November 25, 2009

Posted by aditkus in Aikido.
Tags: , ,
trackback

A very useful little article I came across the other day whilst trying to answer the question “how do I learn a martial art effectively?” By Bruce R. Bethers

Aktivitas belajar manusia telah dianalisa secara mendalam selama beberapa dekade oleh pemikiran-pemikiran yang hebat termasuk juga  dalam catatan tentang beladiri.

Salah satu contoh yang luar biasa adalah  Dr. Jigoro Kano, pendiri dari Kodokan Judo. Beliau juga termasuk sebagai pendidik yang terkenal dalam masyarakat Jepang. Banyak aspek teknik dan hasil metode mengajar (seperti dalam teknik taxonomy) Judo yang merupakan hasil langsung dari pemahaman “langkah-langkah” dari “Proses Belajar” Dr. Jigoro Kano. Banyak guru beladiri mengarahkan atau memberitahu bahwa sebelum anda dapat mempertahankan diri sendiri dengan teknik yang benar, pertama-tama yang harus diketahui adalah “Ketahuilah beladirimu (know your Martial Art)”.

 

Sebelum itu ada tiga hal yang mendasari “The Three Truth” dalam belajar beladiri:

  1. Anda harus mengetahui teknik dari beladiri tersebut (technique of your art), sebelum beladiri tersebut membantu dalam mempertahan diri.
  2. Kecepatan tidak akan banyak menolong bila kita tidak mengetahui “technique of your art”.
  3. Pengetahuan menyediakan fleksibiltas dalam menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

  1. Pengamatan

Murid dari sebuah perguruan beladiri harus fokus pada tiap poin-poin penting pelajaran yang diberikan oleh guru/pelatih (penjelasan dan demonstrasi). Memulai suatu teknik tanpa pengamatan yang baik  akan menyebabkan kesalahan dan kebiasaan yang buruk dalam pembentukan proses belajar. Kesalahan-kesalahan atau kebiasaan buruk ini dapat  menghambat atau bisa saja memberikan cedera pada peserta beladiri saat pengamatan (observation) tidak dimasukkan dalam pembelajaran beladiri. Jadi sangat penting untuk memperhatikan seluruh aspek dari tiap teknik, apa saja yang dijelaskan dan yang tidak dijelaskan. Ada elemen penting dalam tiap teknik seperti timing dan jarak yang sukar untuk dijelaskan sehingga harus diperhatikan dengan seksama oleh seorang murid yang berdedikasi dan cerdas.

  1. Ketekunan

Murid/partisipan dalam pembelajaran beladiri harus menunjukkan ketekunan yang tinggi dalam belajarnya. Seperti yang sering diungkapkan oleh guru/pelatih, diperlukan banyak usaha untuk mendaki gunung dan ini sama halnya dalam  belajar beladiri pada umunya. Pada banyak kasus, ada beberapa langkah spesifik yang harus diikuti. Teknik dalam pembelajaran akan memerlukan waktu untuk dipahami dan diingat dan setiap orang mempunyai pencapaian yang berbeda-beda pula.

  1. Pengetahuan akan teknik

Dalam belajar beladiri diperlukan seorang instruktur/pelatih yang kompeten (Qualified). Murid-murid harus mendengarkan apa yang dijelaskan oleh instruktur tersebut sehingga mereka dapat mendapatkan pemahaman yang baik dalam pada setiap teknik. Elemen ini sangat  penting pada pembelajaran sehingga tidak dapat dipaksakan dalam prosesnya. Belajar dengan menggunakan “Mengapa”, “Apa”, dan “Bagaimana” dari tiap tenik akan membuat murid-murid memahami aspek teknik sekaligus filosofi yang terkandung dalam beladiri tersebut.

  1. Pengulangan

Disinilah ada istilah “Rubber Meets the Road” berlaku. Untuk belajar teknik-teknik/ jurus dalam beladiri dengan baik maka diharapkan melakukan pengulangan hingsa ribuan kali bila diperlukan lalu dilanjutkan dalam praktek sehari-hari. Anda harus mengusasi teknik tersebut sehingga memiliki “automatic reaction” bila benar-benar ingin menguasai sepenuhnya beladiri tersebut. Ingat, belajar adalah “jalan hidup” atau “cara untuk menempuh”, bukan akhir atau tujuan.

  1. Eksperiman

Setelah pengulangan maka dilanjutkan dengan eksperimen. Setelah anda mengusai atau mempunyai skill dan percaya diri yang cukup dalam sebuah teknik, sangat penting untuk bereksperiman dengan situasi dimana teknik tersebut dapat digunakan untuk membela diri. Dibawah panduan guru/pelatih, anda harus bereksperiman dengan variasi dan kombinasi dari tiap teknik beladiri untuk mendapatkan pemahaman dan ilmu yang lebih baik.

  1. Evaluasi diri

Sebagai seorang murid, anda akan dievaluasi oleh guru/instruktur dalam berbagai macam aspek dari kemajuan yang dicapai. Aspek teknik walaupun penting hanya merupakan sebuah aspek dari kemajuan yang anda peroleh. Layaknya pembelajaran  tentu saja ada saatnya anda berkembang dan naik level pembelajarannya, anda akan diharapkan untuk mengevaluasi sikap anda sendiri, teknik, dan kejujuran sebagai gambaran dari beladiri yang anda pelajari. Beberapa pertanyaan untuk evaluasi seperti: “Sampai mana batasan yang saya miliki?”, “Dapatkah saya mendemonstrasikan dan mengajarkan teknik tersebut dengan benar?”, “ Apakah teknik ini dapat saya gunakan” , “Apakah teknik ini dapat digunakan oleh orang yang berbeda?” , dan lain-lain.

 

Catatan: Tiap langkah (steps) saling terkait dan mengarahkan  ke level selanjutnya. Mempelajari beladiri merupakan perjalanan hidup yang panjang (Life-Long advanture) yang mana dapat menghasilkan  kepuasan personal dan membentuk karakter.

 

Disadur dari  6 Tips How to learn Martial Art

Sumber: http://aikidoforbeginners.blogspot.com/2009/10/very-useful-little-article-i-came.html

Komentar»

1. AIKIDO JATIM - Mei 8, 2010

6 Langkah dalam Belajar Beladiri…

A very useful little article I came across the other day whilst trying to answer the question “how do I learn a martial art effectively?” By Bruce R. Bethers Aktivitas belajar manusia telah dianalisa secara mendalam selama beberapa dekade oleh pemikira…

2. 6 Langkah dalam Belajar Beladiri | aikidosurabaya.com - Desember 2, 2010
3. ahdieazha - Januari 4, 2014

kunjungan balik gan

http://ahdieazha.net


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: