jump to navigation

Tips Menghindari cedera saat latihan Aikido Desember 2, 2009

Posted by aditkus in Aikido.
Tags: , , ,
trackback

Aditkus beberapa minggu ini mendapatkan cedara di pergelangan tangan kanan gara-gara kena teknik sankyo dan kotegesi. Ceritanya pas itu aku lagi jadi Ukenya sensei Lukman entah kenapa saat itu dalam kondisi belum siap dan tidak rileks. Berikut beberapa tips dari aku (songong bener ngasih tips padahal diri sendiri aja cedera) supaya terhindar dari seperti cedera yang aku alamin:

  1. Bersikap rileks dari awal latihan hingga akhir
  2. Taiso (pemanasan), taiso disini diutamakan taiso Ikyo, nikyo dan sankyo karena kuncian ini yang sering digunakan.
  3. Ukemilah dengan baik, ukemi kalo dilakukin dengan baik dapat menghindarkan diri kita dari cedara yang fungsinya bukan hanya guling kedepan atau kebelakang. Contoh saat Yokomennuchi kokyu, disini uke bakalan terlempar atau jatuh apabila teknik dilakukan dengan bener nah untuk menghindari kita perlu belajar ukemi…oh ya jangan lupa juga belajar jatuhan nange, fungsinya sama kok
  4. Saat masuk teknik kita sebagai uke usahakan jangan melawan tapi ikutilah aliran tenaga diarah nage kemana…(ini kemaren yang bikin cedara)
  5. Trus bila menjadi nage, ingat-ingatlah si Uke jangan terlalu disakiti yanng penting bentuk tehniknya. Kata sensei Lukman latihan aikido di Indoonesia baru dikatakan latihan bila sudah sakit maka dari itu yang penting bentuk tehniknya bukan menyakitinya
  6. Berdoa semoga ga cedara

*habis ini mau bolos latihan dulu biar cederanya sembuh, semoga bermanfaat. Kalo ada yang salah mohon dikoreksi

Komentar»

1. lie - Juni 5, 2010

sekedar info aja. kemarin pas ujian kyu 1 di dojo sumbawa besar. aku cedera selesai ujian malah. waktu itu sensei ku tercinta, sudah sepuh banget; sensei aziz. minta saya jadi uke. tekniknya katate dori soto kaiten nage. aku kerasin tanganku. dampaknya urat leherku menggelembung. terasa banget. senseiku ni emang agak strengh gitu. maklu dulunya beliau adalah pelatih ju jutsu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: