jump to navigation

Cara ukemi yang Baik (versi aditkus) Desember 4, 2009

Posted by aditkus in Aikido.
Tags: ,
trackback

Bagi kebanyakan pemul ukemi atau rol kedepan merupakan hal yang sulit, banyak yang mengeluh kalau setelah melakukan ukemi badanya sakit apalagi kalau disuruh ukemi berdiri padahal ukemi itu penting untuk menghidarkan diri dari cedera. Salah satu masalah pemula dalam ukemi adalah takut dan tidak pede walaupun terkadang sudah diberi contoh yang mudah, wajar sih bagi pemula dulu aditkus juga seperti itu. Awal-awal latihan nih kepala mesti membentur matras ujung-ujung pusing kalau ga ya bahu yang keseleo. Setelah agak lama latihan akhirnya menemukan juga cara yang rada efektif dan alhamdulillah terbukti berhasil (cieeee..).Berikut cara ukemi yang baik versi aditkus:

Pertama-tama jangan takut dulu, atasilah rasa takut dan pedelah trus coba perhatikan senior yang sudah berpengalaman dan tanyakan caranya, dijamin mereka semua bakal jawab bahwa mereka sama seperti anda awal-awal latihan.

Kedua, tangan digunakan bukan untuk tumpuan ukemi namun hanya sebagai cara “memperhalus”  menjatuhkan diri kenapa? karena poros dalam ukemi adalah bahu dan biasanya para pemula yang secara tiba-tiba memakai bahu untuk ukemi sering terkilir. Tapi bila sudah biasa tanpa bantuan tangan pun bisa.

ketiga, pada saat ukemi kedepan yang dari bawah gunakan berat badan kamu dengan mencondongkan diri kedepan sehingga dengan sendirinya akan menimbulkan daya dorong saat ukemi.

Keempat, bila langkah kedua sudah dicoba sekarang coba kombinasikan dengan menggunakan dorongan kaki belakang.

Kelima, pada saat ukemi dalam posisi berdiri kaki cobalah kaki yang dibelakang untuk melangkah kedepan lalu pelan-pelan codongkan badan kedepan seperti langkah kedua. Hal ini secara otomatis memberi daya dorong kedepan namun jaraknya pendek

Keenam, Sekarang cobalah gunakan daya tolak dari kaki belakang yang melangkah kedepan lalu meloncat. Ini akan menciptakan sebuag lompatan “harimau” yang jaraknya cukup jauh.

Ketujuh, sebenarnya prinsip ukemi kebelakang posisi dibawah maupun berdiri sama. Pada posisi di bawah kaki kita terutama yang dibelakang harus diluruskan jangan sampai ditekuk. Untuk memberikan daya dorong kebelakang gunakan kaki depan untuk melakukan tendangan kebelakang atau lebih mudahnya dibantu tangan untuk menariknya. Pada posisi berdiri, kaki depan tarik kebelakang lalu lipat tapi pergelangan kaki jangan ditekuk sehingga bentuknya menyerupai ukemi posisi dibawah selanjutnya sama seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Kedelapan, jangan lupa untuk selalu memiringkan kepala Sebagai contoh bila akan ukemi kedepan dari posisi bawah dengan posisi kakai kanan di depan maka kepala di miringkan atau di patahkan ke kiri dan dan tangan kiri melindungi telinga yang fungsinya bila nanti kepala membentur matras maka masih ada tangan sebagai pelindunga atau bahkan bisa digunakan sebagai pendorong untuk ukemi kebelakang.

check out this video!!!

Selamat mencoba, semoga berhasil

Komentar»

1. Asmara Jingga - Desember 6, 2009

Nice Artikel.. ;D


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: