jump to navigation

Jabulani, Bola Piala Dunia 2010 Desember 5, 2009

Posted by aditkus in Football and Futsal.
Tags: ,
trackback

Artikel asli: www.kompas.com

Jabulani merupakan bola resmi piala dunia 2010 yang diperkenalkan bersamaan denngan undia di Cape Town termasuk juga di Indonesia, Ballroom Theatre, Jakarta. Bola ini di buat dan didesain khusus oleh pabrikan alat olahraga Adidas. Jabulani diambil dari bahasa bantu, yaitu salah satu bahasa resmi di Afrika Selatan, Tuan Rumah Piala Dunia kali ini. Arti dari Jabulani kurang lebih “Untuk merayakan”.

Makna angka 11 menjadi salah satu inspirasi pembuatan bola tersebut yang kebetulan di Afsel Sendiri ada 11 suku dan 11 bahasa resmi. Selain itu 11 merupakan jumlah pemain dalam setiap tim sepakbola oleh karena itu desainnya tidak jauh dari filoofi tersebut. Bola tersebut memiliki sebelas warna, warna-warna cerah yang melambangkan semangat Afsel yang sangat dominan pada bola tersebut. Ada gambar segitiga yang terinspirasi dari figur luar stadion Johannesburg’s Soccer City.

Bola tersebut dibuat dengan teknologi mutahir dengan profil “Grip ‘n Groove” yang dikembangkan baru-baru ini. Teknologi ini membuat bola sangat imbang, mampu melesat dengan baik dan mudah digunakan untuk dribel. Bahkan bola tersebut tidak terpengaruh dengan cuaca. Ditendang akan terasa sama saja baik dalam  keadaan kering maupun saat hujan. Bola ini sudah diuji di laboratorium Adidas di Scheinfeld Jerman, selain itu juga diujicobakan dibeberapa tempat oleh pemain-pemain profesional seperti di Universitas Loughborough Inggris, AC Milan, Bayern Muenchen, Orlando Pirates, Ajaz Cape town. Jabulani merupakan bola ke -11 Adidas yang digunakan untuk piala dunia.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: