jump to navigation

Karakteristik Al-Quran Desember 5, 2009

Posted by aditkus in Contemplation.
Tags:
trackback

Aditkus beberapa hari yang lalu iseng cari artikel tentag agama Islam dan akhirnya nemu yang berkaitan dengan al-Quran. Berikut ringkasannya:

Di antara karakteristik Al-Quran: ia adalah Kitab suci yang dimudahkan untuk dihapal dan diulang-ulang dan ia juga mudah untuk diingat dan dipahami.  “Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Al Quran  untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran” (Al-Qamar:17).

Lafazh-lafazh Al-Quran, redaksi-redaksinya, dan ayat-ayatnya mengandung keindahan, kenikmatan, dan kemudahan sehingga mudah untuk dihapalkan, menyimpannya dalam hati, dan menjadikan hatinya sebagai tempat Al-Quran. Kita mendapat ribuan umat muslim yang menghapal Al-Quran dan mayoritas dari mereka adalah anak-anak yang menginjak balig. Dalam usia yang masih anak-anak itu, mereka tidak mengetahui nilai kitab suci tersebut, juga ia suci apa tidak namun tetap saja Al-Quran dihapal oleh mereka.

Apabila kita perhatikan umat-umat beragama selain agama islam, kita tidak akan mendapatkan tidak seorang pun yang hapal isinya, tidak setengahnya, atau seperempatnya, dari kalangan orang-orang beriman dengan kitab suci tersebut hingga para rahib, pendeta, bahkan sampai tingkat yang tertinggi.

Sementara Al-Quran, kita akan banyak mendapati orang-orang non arab yang hapalanya amat bagus bahkan ada orang non muslim yang punya hapalan yang bagus juga. Ambil contoh pemimpin politik Koptik Mesir yang terkenal, Makram Ubeid, beliau begitu banyak hapalan Al-Qurannya dan sangat licah mengutip Al-Quran dalam pidato-pidatonya. Contoh lain Dr. Snoeck Hurgronje,dia merupakan mata-mata Pemerintah Belanda semasa Kolonialisme di Indonesia. Menurut sejarah dia ke Aceh menyamar sebagai ulama dari Turki dan sangat fasih apabila menyangkut bahasa Arab dan masalah agama, konon dia belajar langsung ke Makkah. Apa mau dikata memang Al-Quran dapat keluar dari mulut manisnya namun hatinya tetaplah bukan seorang muslim

Komentar»

1. wulan dio amata - Desember 8, 2010

.simple ‘n b’isi …. siph bgt!!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: