jump to navigation

Petuah O Sensei part 4: Pengendalian Semangat Maret 19, 2010

Posted by aditkus in Aikido.
Tags: ,
trackback

Jangan pandang mata penyerang karena dapat menyerap semangat Anda.. Jangan hanya memperhatikan pedang penyerang karena dapat membuang ki Anda. Jangan hanya  melihat penyerang Anda karena ki-nya dapat mengendalikan Anda. Latihan seni bela diri adalah latihan kekuatan magnetik  Anda sendiri untuk menyerap kekuatan lawan. Karena itulah, yang perlu Anda lakukan adalah berdiri di sini.

Jangan menjadi bungung dengan teknik menyerang  sebelum serangan lawan datang. Dengan kemampuan melaksanakannya, Anda akan memiliki kesadaran melibihi lainnya. Dalam Aikido, ada lawan tetapi dalam kenyataannya tidak ada lawan  Karena pihak lain adalah satu dengan diri Anda jika kita bergerak sebagaimana yang Anda kehendaki, yang lain akan bergerak sebagaimana kehendak Anda. Jadi, jika seseorang bergerak sebagaimana yang dikehendakinya, yang lain akan secara alami akan sepakat.

Kita harus mampu menjatuhkan orang lain dengan satu jari Kekuatan manusia dinyatakan dalam gerak lingkar di mana kita adalah pusatnya. Kekuatan tidak akan dapat melampaui lingkaran tersebut. Tidak masalah bagaimana kuatnya sesorang, sekali terjebak dalam kekuatan lingkarannya, ia tidak lagi punya kekuatan. Jika seseorang telah memegang orang lain  masuk ke dalam kekuatan lingkaran yang diciptakannya, maka orang yang dipegannya menjadi tidak bertenaga sehingga dapat dengan mudah ditumbangkannya dengan satu jari.

Napas yang sejati adalah napas yang menyatu dengan alam. Dari situlah, Anda memperoleh kekuatan alam. Berputar ke kanan, dia maju. Berputar ke kiri, dia mundur. Satu pilihan dan rotasi bebas disurga dan bumi. Pokok pentingnya adalah menyadari sepenuhnya prinsip pernapasan dan putaran.

baca juga blog saya yang lain

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: