jump to navigation

Gol bunuh Diri Berujung Kematian April 7, 2010

Posted by aditkus in Football and Futsal.
Tags: , ,
trackback

Kematian pemain sepak bola internasional Kolombia Andreas Escobar  menjadi salah satu cerita paling terkenal di olahraga, ini menjadi peringatan ketika fanatisme menjadi berlebihan. Dalam catatan sejarah Pele  telah menempatkan Amerika Selatan di antara favorit untuk turnamen itu jadi tidak salah bagi Kolombia memiliki ekspektasi untuk menembus Piala Dunia 1994 sangat besar.

Tidak ada tanda-tanda tuan rumah akan menyebabkan mereka dalam masalah pada pertandingan grup kedua. Malapetaka bagi Escobar  datang dari pertandingan itu di depan 93.000 penonton di California Rose Bowl, Kolombia membeku dan bencana melanda. Ketika itu ia mencetak sebuah gol bunuh diri yang menyebabkan kekalahan 2-1 dari tuan rumah.  Goal bunuh diri Escobar terjadi pada pertandingan melawan Amerika Serikat pada tanggal 22 Juni dalam Piala Dunia 1994. Bermula  dari umpan silang gelandang AS John Harkes, Escobar mencoba menghalau bola tersebut namun sayang  bola malah mengarah ke jaring gawang sendiri pada pertandingan kedua Grup A.  Sebagai hasilnya, Kolombia tersingkir dari turnamen di putaran pertama yang di pertandingan sebelumnya kalah dari Rumania.Gol tersebut menyebabkan kemarahan fans sepakbola di negara tersebut ketika tim nasional kolombia tiba  kembali di Kolombia, apalagi kekalahan pahit itu datangnya dari Amerika Serikat.  Tetapi tidak ada yang bisa meramalkan apa yang terjadi berikutnya.

Air mata kekecewaan berubah menjadi sebuah tragedi sepuluh hari kemudian, ketika Escobar di tembak mati di kampung halamnannya, Medelin. Ketika keluar minum bersama teman-temannya di sebuah bar di Medellin, Escobar terlibat masalah dengan salah  seorang penggemar sepak bola Kolombia yang akhirnya menembaknya 12 kali sebagai balas dendam karena gol bunuh diri escobar.
Berita ini menjadi berita hangat di seluruh Kolombia dan seluruh dunia, terutama karena terjadi  sementara turnamaen Piala Dunia masih berlangsung. Tidak jelas apakah pembunuhnya adalah salah satu dari sindikat judi yang bertaruh uang dalam jumlah besar pada Kolombia untuk lolos ke putaran kedua. Kantor BBC mengeluarkan permintaan maaf keesokan harinya setelah salah satu orang penting di BBC,  Alan Hansen memberikan Komentar “ Pemain belakang Argentina ingin dibunuh untuk kesalahan seperti itu”

Pemakaman Escobar dihadiri oleh 120.000 orang dan dibangun patung untuk menghormatinya di markas Atletico Nacional, Stadion Atanasio Girardot. Escobar adalah pemain belakang  Kolombia di Piala Dunia pada tahun 1990 dan 1994. No punggungnya adalah  2, dan dikenal dengan julukan “El Caballero del Futbol” (“The Gentleman of Football” atau “Soccer Knight”) dan “The Immortal No 2”. Dalam karier klub, ia bermain untuk Atlético Nacional Medellín  dan  Young Boys Bern.

sumber: en.wikipedia.org, news.bbc.co.uk, dan inthenews.co.uk

Komentar»

1. Raditya Wirayoga - April 27, 2010

Ternya yang bisa bunuh diri bukan hanya orang tapi gol juga bisa

2. Elsatria Music - April 28, 2010

naas 2x dunk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: