jump to navigation

Atemi April 21, 2010

Posted by aditkus in Aikido.
Tags: , ,
trackback

Dalam beladiri jepang atemi berarti melakukan serangan ke bagian tubuh. Kebalikan dari teknik mengunci. Memegang dan melempar lawan. Atemi dapat dilakukan dengan setiap bagian tubuh (semua bagian tubuh bisa difungsikan untuk atemi) ke bagian manapun di tubuh lawan dann dapat dilakukan dengan secara “lemah lembut” atau bahkan “secara kasar” sekalipun. Karate merupakan salah satu beladiri yang banayak menggunakan atemi “secara kasar”, biasanya bagian yang menjadi sasaran adalah bagian vital tubuh seperti titik-titik saraf. Beberapa titik serang atemi dapat membunuh atau melumpuhkan lawan seperti di daerah hidung, mata, alat kelamin, atau di bawah dagu. Seni beladiri tradisional jepang pada umumnya (cikal bakal Judo, Jujitsu, dan aikido) tidak mempraktekan atemi, karena teknik ini digunakan ketika berhadapan dengan musuh yang menggunakan perlengkapan tempur lengkap seperti baju zirah. Namun penggunaan teknik ini juga ada beberapa situasi pengecualian(wikipedia).
Atemi secara harafiah berarti menghantam bagian tubuh, hantaman diarahkan ke penyerang untuk tujuan penggoyahan keseimbangan atau untuk mengaburkan perhatian (kuzushi). Atemi seringkali bersifat vital untuk melewati atau “merusak” respon alami penyerang, serangan ini umunya menyakitkan namun tidak fatal kebagian-bagian tubuh tertentu seingga membuat lawan tersentak seperti wajah dan beberapa bagian perut yang rentan. Hal pertama kali yang dilakukan kebanyakan orang ketika ia merasa tubuhnya mendapatkan perlakuan yang tidak biasa adalah mereka menarik bagian tubuh atau menjatuhkan pusat berat tubuhnya ke bawah dan menjauh dari orang yang melakukan tehnik kepadanya. Atemi sendiri sebenar tidak selalu dalam bentuk pukulan namun dapat berupa tendangan bahkan meludah yang inti untuk mengacaukan konsentrasi dengan penerapan atemi yang baik, dimungkinkan untuk menciptakan “celah kesempatan” pada pertahanan penyerang untuk memudahkan pelaksanaan tehnik aikido.(kamus Aikido Indonesia).


Tidak ada bentuk atau teknik yang pasti dalam atemi, tidak seperti beladiri lain yang mempunyai nama-nama tersendiri bila menyerang disini yanag terpenting konsentrasi lawan menjadi hilang dan keseimbangan tubuh menjadi kacau. Bila hal ini mudah bagi nage untuk melancarkan teknik. Mungkin pada saat latihan kita jarang diajarkan untuk melakukan atemi namun sebenarnya setiap awal teknik aikido selalu diawali dengan atemi. Demi memfokuskan dalam penguasaan teknik kuncian maka atemi jarang diajarkan kecuali yang sudah advance, ditakutkan bila terlalu banyak diajarkan atemi maka teknik yang utama akan berantakan. Sebagai perumpaan bila kita diserang dengan teknik Morotedori (liahat video pertama, nama teknik beda namun gerakannya sama)
kita akan mencoba menghantam musuh kita dengan kepalan, walaupun musuh berhasil menghindar dari pukulan dan tangannya masih menggenggam erat tangan kita pada saat itu ada celah kita untuk melancarkan teknik aikido (tergantung situasi di lapangan dan penguasaan teknik masing-masing individu).

Video dari youtube

Berbagai macam atemi dan bentuknya

Ada sedikit penjelasan tentang atemi

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: