jump to navigation

Solving Rubik 3×3 ala Aditkus November 2, 2010

Posted by aditkus in Daily Life.
Tags: , , , ,
trackback

Aku mengenal kubus ini berawal dari rumah mungkin sekitar 8 bulan yang lalu ketika pulang kampung. Dirumah kudapati adikku punya kubus bercokol di atas lemari buku, iseng aku utak atik ternyata malah mumet sendiri. Namun bagi adikku yang sudah terbiasa mudah baginya untuk mengembalikan ke posisi warna semula, karena penasaran aku coba coba lagi tapi tetap gagal.

Rasa penasaran tetap menghantuiku akhirnya saat berada di Jakarta untuk tes kerjaan aku mebeli maina ini saat di salah satu pedagang kaki lima yang menggelar barang dagangannya di suatu mesjid. Dengan harga Rp 20.000 dan kualitasnya kw sekian…ha2x trus ga nawar. Sejak beli hampir empat bulan aku masih belum bisa mengembalikan warnanya ke posisi semula padahal itu sudah beli bukunya lho. Bingung dengan penjelasan  yang ada dibuku atau bahasa jawanya “ora mudheng blas”, yo wis mangkrak akhirnya. Baru dapet wangsit setelah lebaran pulkam lagi, saat itu adikku ngasih e-book bagaimanca caranya solving rubik. Dengan e book yang baru ini ternyata agak sedikit mudheng dan bisa solving walaupun kalu disuruh sekali lagi belum bisa, intinya belum mahir benar. Wangsit yang terkahir ini membuatku bener-bener bisa solving rubiknya dengan gampang, ini terjadi saat aku pulkam kembali (memang pulkam selalu membawa pencerahan buatku) aku berguru ke adikku yang sudah bisa solving rubik dalam waktu 30 detik. Wuiih bangga juga lho, akhirnya yang 2×2 juga aku coba dan ternyata bisa juga. Nah dari itu aku pengen menshare ilmu yang udah aku dapatkan.

 

Gambar 1

Gambar 1

Pertama-tama aku mau memberikan  aturan mainnya dulu. Notasi dalam rubik di tiap buku beda-beda tergantung yang ngarang jadi bila ada perbedaan harap maklum namun sebenarnya konsepnya sama saja.

Rubik 3×3 terdiri dari 3 layer tiap kubusnya (kalo 4×4 berarti 4 layer). Layer pertama yang paling atas dan layer yang kedua yang ditengah serta layer ketiga yang paling bawah sendiri, silahkan lihat di gambar 1 agar lebih jelas.

 

Satu kali rotasi yaitu 90 derajat atau satu kali geser, rotasi pada rubik ada yang searah jarum jam dan tidak searah (dengan tanda [i]). Berikut notasi rotasi dalam kubik (notasi 1)

Notasi 1

Notasi 1

bila gambar terpotong, klik kanan mouse anda lalu buka gambar di tab  baru

Gambar 2

Gambar 2

Tiap sisi punya warna patokan masing-masing dalam rubik 3×3 sehingga ada 6 warna patokan (gambar 2). Perlu diingat Putih berlawanan dengan Kuning, merah berlawanan dengan orange, dan hijau berlawanan dengan biru(umumnya).

 

 

 

 

 

Gambar 3

Gambar 3

Kotak di bagian tengah memiliki dua buah sisi warna (gambar 3)

 

 

 

 

 

 

gambar 4

gambar 4

kotak di ujung memiliki 3 buah sisi warna (gambar 4)

 

 

 

 

 

 

Langkah pertama

 

Gambar 5

Gambar 5

Pegang kubus anda dengan patokan sisi putih berada diatas (warna putih yang tengah diatas).  Target anda adalah membuat tanda silang berwarna putih dengan mencocokkan warna di sisi sampingnya seperti yang terlihat di gambar 5. Dalam hal ini anda perlu banyak berlatih, cukup gunakan sedikit logika.

 

 

 

Langkah kedua

 

Gambar 6

Gambar 6

Dengan silang putih tadi sebagai patokan maka anda diharapkan dapat membentuk seluruh permukaan atas layer 1 menjadi putih dan membentuk huruf T di sisi-sisinya seperti yang tampak pada gambar 6 (sesuaikan dengan warna patokannya tentunya).

 

 

 

 

Dalam hal ini anda kemungkinan akan bertemu dengan berbagai macam kasus, seperti:

Kasus 1

Gambar 7

Gambar 7

Untuk notasi solvingnya seperti yang tampak pada notasi 2

 

 

 

Notasi 2

Notasi 2

 

 

 

 

 

Kasus 2

Gambar 8

Gambar 8

Untuk Notasinya solvingnya seperti yang tampak pada notasi 3:

Notasi 3

Notasi 3

 

 

 

 

 

Selebihnya silahkan anda berkreasi sendiri.

Langkah ketiga

gambar 9

gambar 9

Sekarang sisi putih diatas tadi dibalik 180 derajat sehingga menjadi dibawah dan goal anda adalah seperti yang terlihat digambar 9. Sisi kuning menjadi patokan di permukaan layer satu

 

 

 

 

Gambar 10

Gambar 10

Yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mencari sisi warna yang sesuai dengan layer 2 dan 3 yang agar membentuk T. Seperti yang terlihat di gambar 10 disini di sisi atas warna merah akan dipindahkan ke sisi kanan dengan menggunakan notasi sebagai berikut (Notasi 4):

Notasi 4

Notasi 4

Gambar 11

Gambar 11

Selanjutnya kebalikannya seperti terlihat pada gambar 11, lalu notasi solvingnya pada notasi 5

notasi 5

notasi 5

Langkah Keempat

Lakukan notasi pada notasi 6 hingga anda menemukan bentuk seperti gambar 12, notasi ini perlu dilakukan berulang-ulang sehingga terbentuk warna silang yang diinginkan.

notasi 6

notasi 6

gambar 12

gambaar 12

Langkah kelima

Setelah anda mampu membuat bentuk silang kuning (gambar 12), maka notasi selanjutnya adalah:

Notasi 7

Notasi 7

 

gambar 13

gambar13

Terkadang hasilnya akan seperti gambar 13 dan terkadang dapat langsung membentuk gambar ikan (gambar 14). Bila terjadi terbentuk gambar 13 lakukan notasi  7 lagi dengan posisi memegang rubik sama seperti di gambar hingga membentuk seperti gambar ikan (gambar 14).

 

 

 

 

 

gambar 14

gambar 14

Apabila sudah membentuk warna kuning tersebut seperti pada gambar 14 lalu samakan posisi  cara memegangnya lalu lakukan notasi 7 (terkadang perlu lebih dari satu kali)

Lakukan terus hingga menjadi seperti gambar 15;

 

gambar 15

gambar 15

 

Langkah keenam

Dilangkah keenam ini tugas kita adalah menyelesaikan layer pertama sehingga warna ditempatkan pada posisinya.

Tidak usah risau tentang posisi warna yang tidak sesuai dengan warna patokan di tiap sisinya yang penting warna kuning semuanya menghadap ke atas, sekarang lakukan notasi berikut:

notasi 8

notasi 8

Ada beberapa kemungkinan bentuk yang muncul seperti

Kasus 1

 

gambar 16

gambar 16

Apabila pola pada gambar 16 yang terbentuk, salah satu sisi sudah jadi dan ketiga sisinya kotak-kotak di ujung sudah sesuai dengan warna patokan, maka yang perlu dirubah adalah kotak di bagian tengah apakah nanti harus berubah atau berotasi searah dengan jarum jam atau sebaliknya. Bila dilihat di gambar 16 kotak tengah berwarna biru diapait oleh 2 warna merah dan harus dipindah berlawanan dengan jarum jam. Notasi untuk berlawan dengan arah jarum jam adalah notasi 9:

 

 

 

 

notasi 9

notasi 9

sedangkan otasi yang searah dengan jarum jam adalah notasi 10

notasi 10

notasi 10

gamar 17

gambar 17

Kasus 2

Apabila pola yang terbentuk seperti gambar 17 dengan salah satu satu sisi dimana kotak-kotak ujung (corner) sudah sesuai dengan warna patokan yang di gambar diperlihatkan sisi tersetut adalah warna merah namun kotak yang ditengah warna orange maka untuk itu lakukan notasi 8  lagi dan perhatikan posisi tangan harus sama seperti di gambar. Nantinya hasilnya seperti kasus 1

 

 

 

 

 

gambar 18

gambar 18

Kasus 3

Apabila yang terjadi seperti tampak pada gambar 18, maka lakukan notasi 8 berulang-ulang hingga polanya terbentuk sama seperti kasus 1 atau 2 dan selanjutnya diselesaikan dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

 

 

 

 

 

 

gambar19

gambar 19

Kasus 4

Salah satu sisi sudah terbentuk polanya, namun di sisi lain polanya masih berantakan nah disini anda tinggal melakukan notasi 8 dengan tangan kiri memegang sisi yang sudah jadi dan maka rubik berhasil anda selesaikan atau akan terbentuk pola seperti pada kasus 1 dan 2.

 

 

 

 

 

 

Selamat anda telah berhasil menyelesaikan kubus 3×3


Sumber:

Solution Guide, unlock the secret. www.YouCanDoTheCube.com

Semenit menyelesaikan Rubik

Master The Rubik

Credit Pictures:

Solution Guide, unlock the secret. www.YouCanDoTheCube.com

Hasil jepretan sendiri


Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: