jump to navigation

Taisho dalam Aikido, Pentingkah? Desember 22, 2010

Posted by aditkus in Aikido.
Tags: ,
trackback

 

Taisho-ikyo

Taisho-ikyo

Semua kegiatan fisik pada umumnya selalu diawali dengan pemanasan. Apa fungsinya pemanasan bila dalam aikido pemanasan disebut dengan taisho? Olahraga termasuk aikido melibatkan pergerakan otot, sendi dan tulang dalam intensitas yang cukup besar. Dengan melakukan pemanasan olahraga maka darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen akan mengalir ke otot sehingga siap untuk dipacu kerja lebih berat. Sedangkan kegunaan atau manfaat olahraga itu sendiri adalah untuk menguatkan otot, tulang, jantung, paru-paru dan memperlancar peredaran darah. Dalam olahraga khususnya beladiri apapun termasuk aikido sendiri, pemanasan yang dilakukan berbeda-beda tergantung jenis aktivitas yang akan dilakukan. Olahraga yang banyak berhubungan dengan kaki misalnya sepakbola dan beladiri taekwondo tentunya akan berbeda dengan renang atau bulu tangkis. Sama hal nya di aikido sendiri pemanasannya juga akan tampak sedikit berbeda, mungkin teknik peregangan otot tidak jauh berbeda dengan yang lain.

Khusus untuk Taisho dalam aikido bukan hanya sekedar untuk pemanasan. Pada awal taisho selalu diawali dengan peregangan otot di seluruh badan dan dilanjutkan dengan gerakan inti seperti ikyo, nikyo, sankyo, kotegeshi, ikyo undo, funakogi undo, kaiten, tenkan, irimi, siko’, dan ukemi (di dojo lain tentunya ada sedikit perbedaan) sebenarnya adalah gerakan dasar dalam aikido jadi wajib bagi seorang aikidoka untuk menguasainya. Taisho merupakan elemen penting yang tidak dapat dipisahkan dalam aikido, apabila seorang aikidoka dalam melakukan taisho masih belum benar maka bisa dikatakan teknik aikido yang dilakukannya juga belum benar pula. Taisho pun tidak dilakukan hanya sambil lalu saja, asal keliatannya bener tapi memang harus-harus benar. Ambil contoh lagi ikyo, gerakan ini terlihat sepele memang yang hanya terlihat seperti menekuk pergelangan tangan hingga di depan wajah. Coba lihat apakah cara tangan yang satunya sudah apakah benar sepenuhnya dalam memegang/mengunci? Apakah hanya asal-asalan saja? Kalau asal-asalan saja gerakan ini terlihat seperti orang sedang menekan atau memimpa ban. Bila dilakukan benar tentunya finsihing touch suatu teknik akan benar adanya.

Saking pentingnya taisho tentunya bagi aikidoka Surabaya tentunya sering mendengar kalau sensei Lukman  “ngomel” yang kata-kata sering terucap seperti ini “kalian ga apa-apa ga latihan setahun tapi taisho dirumah tetap harus jalan” atau “Ketahuan dirumah ga pernah taisho, manalagi yang coklat-coklat itu” dll. Dari omelan beliau bisa kita ambil kesimpulan bahwa taisho itu penting bukan hanya sekedar pemanasan untuk menghindari cedera saja namun dari taisho tersebut cerminan pakah nantinya teknik kita sudah benar apa tidak.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: