jump to navigation

dr. Koto Januari 30, 2011

Posted by aditkus in Books.
Tags: ,
trackback

dr. Koto

dr. Koto

Alkisah ada seorang Dokter bedah  muda (Kensuke Goto)dari rumah sakit pulau utama Jepang yang ditugaskan ke Pulau Koshiki, suatu pulau terpencil yang terisolasi di selatan Jepang dan memerlukan waktu tempuh yang lama dari daratan terdekat.  Dia bekerja di sebuah klinik kecil dan dia menjadi satu-satunya dokter di pulau tersebut. Dokter yang berada di pulau tersebut di cap negatif oleh penduduk setempat karena dokter yang bertugas disana bertingkah ogah-ogahan untuk melayani masyarakat. Dengan sikapnya yang ramah dia mampu mengambil hati waraga sekitar dan berkomitmen menjadi dokter yang baik. Lambat laun nama Doktor Goto terkenal ke seantero pulau karena mampu melayni dengan baik dan dia disana mendapat julukann baru “dr. Koto”. Dia mendapat julukan ini karena salah seorang warga yang pernah ditolongnya membuatkan plank nama namun tulisan kanji “Goto” salah tulis menjadi  “Koto” karena tulisan kanjinya rada-rada mirip. Dr. Koto ditemani oleh perawat Hoshino yang sudah terlebih dahulu bertugas disana dan mereka berdua bahu-membahu dalam pekerjaan.

Di komik ini juga menceritakan kondisi sosial di pulau yang mana mata pencaharian utama warganya adalah nelayan. Diceritakan disama masih adanya warga yang berpikiran anti ati terhadap kemajuan ilmu kesehatan terutama kedokteran sehingga lebih mempercayai ramuan-ramuan kuno turun temurun. Konflik juga sering timbul antar warga karena perselisihan yang kemudian diangkat menjadi tema cerita ini, mulai dari konflik antar tetangga, pendatang baru, hingga masalah anak kecil. Semua di balut dengan kesederhanaan keseharian kehidupan  masyarakat setempat.

Komik ini termasuk genre komik serius ya dimana di tiap serinya selalu ada puncak ketegangan, bisa dibilang drama komik. Dari sisi alur cukup menarik dan penggambaran tokoh dan latar belakang sangat mendetail khas komik-komik Jepang. Banyak istilah-istilah kedokteran dan kesehatan bukan hanya istilah namn juga penjelasan secara visual, jadi para pembaca tidak hanya berangan-angan saja.

Bagi saya agak tergelitik dengan kata ‘terpencil’ disana, bila membaca komiknya aku kagum dengan pemerintah Jepang yang sangat peduli dengan kehidupan warga yang tergolong terpecil tersebut. Paling tidak fasilitas utama seperti kesehaatan, pendidikan, listrik, air bersih dan keamanan ada semua, bandingkan dengan negara Indonesia tercinta ini. Yang namanya tempat terpencil benar-benar terpencil dengan fasilitas yang sangat minim sekali bahkan hampir dikatakan tidak ada. Untuk urusan politik kayaknya sama saja seperti di tanah air, kalau daerah yang penduduknya sedikit dan jauh dari ibu kota maka jarang-jarang juga para anggota dewan mengunjungi untuk “menengok” para konstituennya apalagi mau mendegarkan aspirasinya, 11-12 lah. Emang dimana-mana politisi itu busuk yee, preett!!!

Bagi kamu-kamu yang senang dengan cerita bertemakan sosial budaya dan pengen tau seluk beluk profesi seorang dokter, aku rasa komik ini cocok untuk dijadikan koleksi pribadi. Untuk sekadar info, komik ini di Indonesia baru beredar sampai jilid 3 namun untuk diJepangnya aku yakin udah lebih dari ini (Ye iyalah, pastinya). Oh ya hampir lupa pengarang komik ini Yamada Takatoshi, dan komik ini pernah dimuat di Shonen Star. Beliau juga memenangkan award Shogakuan Manga award pada tahun 2004 untuk komik dr. Koto ini.

Oh ya satu lagi, komik ini sudah diangkat ke J-Drama, klo ada yang punya film pinjam donk..

 

Selamat membaca….oneigashimasu

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: