jump to navigation

Riam Kanan Februari 24, 2012

Posted by aditkus in Daily Life.
Tags: , , ,
trackback

Riam kanan merupakan sebuah waduk buatan di kabupaten Martapura (1 jam perjalanan dari Banjarmasin), Kalimantan Selatan. Waduk ini pula sebagai sumber listrik bagi PLTA Riam Kanan. Waduk ini atau kebanyakan orang sini menyebutnya sebagian danau Riam Kanan dulunya adalah   9 desa lalu dijadikan waduk buatan dimana penduduknya sendiri pindah tidak jauh dari lokasi danau dan beberapa desa hanya pindah ketempat yang lebih tinggi. Aku bersama teman-teman berkesempatan mengunjungi tempat ini dan bertepatan dengan musim hujan di Kal-Sel sehingga debit air di danau tinggi. Danau ini juga digunakan sebagai sumber irigasi bagi para petani di daerah Martapura yang juga lumbung padi Di Kal-Sel. Bisa dibayangkan betapa luasnya danau ini dari 9 desa dijadikan satu buah waduk buatan.

Riam Kanan

Riam Kanan

 Letak Riam Kanan sebenarnya tidak jauh dari mandiangin, bisa ditempuh sekitar setengah jam dari mandiangin atau satu jam dari Martapura. Riam kanan masuk kecamatan Aranio, jalan menuju kesana sudah beraspal namun aga sempit sehingga hanya dapat dilalui oleh 2 mobil dengan seukuran  xenia, sehingga bila ada kendaraan yang berbadan semok pastinya salah satunya harus mengalah. Mobil yang kami tumpangi harus parkir di sekitar pelabuhan klotok. di pelabuhan disitu sudah menunggu beberapa perahu kayu bermotor atau yang disebut klotok oleh orang sini. nanti perjalanan akan kami lanjutkan dengan menyewa klotok seharga Rp. 120.000 dengan tujuan pulau pinus-pelabuhan PP. Dengan menyewa klotok kami bisa menikmati pemandagan di danau perjalanan sendiri ke pulau pinus sendiri memakan waktu sekitar setengah jam. Diperjalanan kami bisa melihat kampung-kampung yang yang letak di pulau ditengah-tengah danau, keramba ikan, dan tentunya batang pohon yang menyembul di tengah danau. Tempat ini juga saya recomend untuk spot foto dengan latar belakang pemadangan alam, dan di hutan pinusnya dapat digunakan untuk foto prewedding juga. Berikut foto-fato disekitaran danau + yang sudah masuk sotoshop:

Riam Kanan

Ki-ka: Al, Viga, Adit, Adrian

Riam kanan

Perkampungan di suatu pulau di Riam Kanan

Riam Kanan

Pelabuhan klotok

Riam Kanan

Keramba ikan milik masyarakat

Riam Kanan

Peacefull Day

Riam Kanan, Aditkus

A man Set His Klotok

Riam Kanan, Aditkus

klotok

Riam Kanan, Aditkus

Jembatan Pulau Pinus

Riam kanan, Aditkus

Welcome to Pulau Pinus

Riam Kanan

Pulau Pinus

Riam Kanan, Aditkus

Diatas atap Klotok

Riam Kanan, Aditkus

A village

Riam kanan, Aditkus

Viga

Riam Kanan, Aditkus

Pines

Sebenarnya di masih ada objek wisata lagi di daerah ini yaitu air terjun Kahung, namun sayang letaknya cukup jauh  karena hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 5 jam (menurut info yg aku dapat) setelah turun dari klotok.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: