jump to navigation

Tips Memotret Landscape Mei 28, 2012

Posted by aditkus in My Photowork.
Tags: ,
trackback

Dalam dunia fotografi dikenal dengan foto landscape, yaitu foto yang menonjolkan keindahan panorama alam sebagai objeknya. Foto ini pada umumnya dilakukan di alam terbuka, natural, fresh, dan apa adanya disajikan didalam frmae kamera. Umumnya yang menjadi objek adalah pantai, pegunungan, dan  tempat-tempat yang masih alami atau kadang kombinasi  dengan aliran foto lain. Disini saya mencoba memberikan beberapa tips yang semoga bermafaat bagi pemotretan landscape:

Foto landscape dengan foreground bunga dan background pegunungan

  • Saat terbaik untuk mengabadikan keindahan landscape adalah pagi hari dan sore hari, karena matahari belum terlalu tinggi sehingga texture dan bayangan akan lebih ter expose dengan baik
  • Usahakan horizon lurus pada waktu pemotretan, karena horizon merupakan salah satu hal yang dominan di foto landscape. apabila tdk bisa pada waktu pemotretan bisa dilakukan setelah pemotretatan melalui software (tapi ada efeknya dimana akan ada pengurangan lebar foto karena pemotongan)
  • Filter CPL sangat membantu untuk memperindah foto langit anda dengan membirukan langit dan menaikan saturasi warna.
  • filter GND juga akan sangat membantu untuk mengurangi perbedaan exposure antara laut dengan langit.
  • Usahakan untuk memasukan foreground yang menarik kedalam foto landscape. Foreground digunakan agar foto tidak terasa hampa karena. Foreground disini sebagai point of interest namun tetap menonjolkan backgroundnya
  • Bawalah tripod. selain untuk mengurangi goyangan juga untuk bisa mengexplorasi foto landscape dengan tehnik slow shutter.
  • Berexperimenlah dengan slow shutter speed untuk mendapatkan foto yang berbeda. karena ombak merupakan obyek yang bergerak dengan tehnik slow shutter kita akan mendapatkan foto yang lebih dinamis, selain itu dengan tehnik ini bila kiya pergi ke lautkita bisa memblurkan permukaan laut menjadi seperti kabut atau gerakan air terjun seperti kapas.
  • berexperimen dengan pengambilan angle yang tidak melulu sejajar dengan mata. coba lah untuk menggunakan low angle maupun high angle.
  • komposisi dengan aturan 1/3 (rule of third) juga bisa membantu mendapatkan foto yang lebih menarik.
  • Lindungi kamera anda dari debu dan kotoran karena kondisi pada saat pemotretan landscape bsia sangat berdebu dan lembab. Apabila ke pantai usahakan untuk melindungi kamera Anda dari angin karena udara di pantai mengandung garam, masukan kamera ke dalam tas atau bungkus dengan kain apabila tidak sedang digunakan untuk memotret
  • Bila melakukan pemotretan maka lampu flash akan jarang digunakan bahkan kecuali saat malam hari.
  • Jangan lupa gunakan tudung (hood) lensa untuk menangkal cahaya yang masuk terlalu banyak atau flare.
  • Jangan berhenti pada melakukan pemotretan pada saat sunset atau sunrise saja, sebenarnya pemotretan dapat dilakukan sebelum atau sesudah itu karena waktu-waktu juga merupakan momen terbaik dalam pengambilan foto.
  • Nikmati kesegaran udara di alam terbuka dan hangatnya sinar matahari.. jangan terlalu terpaku dengan teori,cobalah lebih kreatif bila anda mentok dengan foto landscape coba memulai dengan foto makro objek-objek yang ada disekeliling anda.

Foto:

http://digital-photography-school.com/wp-content/uploads/2007/05/imageslandscape-foreground.jpg

Komentar»

1. sekolavida - Juni 16, 2012

Reblogged this on sekolavida.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: