jump to navigation

Kamera Prosumer , Kamera Praktis dan Fungsional untuk Belajar Fotografi Agustus 26, 2012

Posted by aditkus in My Photowork.
trackback

Kata “prosumer “ diambil dari PROfesional dan conSUMER. Kamera  yang berjenis “point and shoot” ini mempunyai fitur lebih lengkap dibandingkan dengan kamera saku, antara lain pengaturan exposure dan iso secara manual. Ada beberapa orang yang menggunakan kamera jenis ini untuk memulai belajar fotografi karena dirasa lebih praktis dan fungsional daripada kamaera DSLR.

Gambar 1
Kamera Prosumer yang fungsional dan praktis

Diatas kertas memang kemampuan kamera prosumer  masih dibawah kamera DSLR dan diatas kamera saku. Di beberapa kamera prosumer ada yang dilengkapi dudukan  lampu kilat (Flash) sehingga dapat ditambahkan flash external yang berdaya lebih besar dan bisa di bouncing.

Seperti halnya kamera saku, kamera prosumer tidak dapat diandalkan untuk mengaburkann background atau yang dikenal dengan istilah Bokeh. Namun bukan berarti tidak dapat digunakan untuk belajar fotografi. Tidak memiliki kemampuan kerja cepat, termasuk shutter speed, auto fokus, dan continous shooting-Intinya semua fasilitas yang ada dibawah kamera DSLR.

Gambar 2
Foto landscap pepohonan dengan kamera prosumer

Kamera prosumer  praktis dan fungsional untuk mengambil foto dokumentasi pribadi dan instansi apalagi bila hanya sekedar untuk belajar fotografi. Bisa digunakan untuk memotret makro hingga pemandangan alam, dan dapat merekam video. Pilihan menunya lebih lengkap  dibanding kamera saku, tetapi tidak memiliki advance  modes seperti kamera DSLR. Setiap merk memiliki kelengkapan  menu yang sedikit berbeda, namun symbol-simbol  fitur dan ikon gambar untuk semua kamera hampir sama saja.

Walaupun tidak ada mode advancenya namun dengan mode yang ada sudah cukup bagi pemotret untuk belajar fotografi dasar yang sederhana, toh juga pemotret masih bisa memotret yang dianggap momen-momen penting dengan kamera ini. Bagi yang pemula dan masih belum punya uang untuk membeli body kamera DSLR beserta perlengkapannya seperti lensa, filter, tripod, dll yang harganya bisa menguras kantong, kamera prosumer cocok untuk belajar fotografi dari dasar.

Sumber: Your Guide to Good Photography oleh Rakhmat Supriyono

Komentar»

1. jackie - Agustus 25, 2014

klo sony h-200 itu bagus gak buat pemula?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: