jump to navigation

Membeli Kamera DSLR-bagian 1 Oktober 2, 2012

Posted by aditkus in My Photowork.
Tags: ,
trackback

Kualitas Foto dan Megapixel

Kebanyakan masyarakat awam seperti saya pada awalnya membeli kamera DSLR menganggap semakin besar jumlah megapixel dalam satu kamera DSLR, makin tinggi kualitas gambar yang dihasilkan. Hal tersebut itu tidak sepenuhnya benar meski jumlah pixel juga mempengaruhi kualitas foto. Masih ada faktor-faktor yang menjadi indikator kualitas foto misalnya ukuran pixel itu sendiri relative dibandingkan dengan ukuran permukaan sensor.

Ambil contoh bila ada kamera DSLR dengan sensor yang jecil tapi memiliki jumlah mega pixel yang besar, taruhlan 16 megapixel. Kualitas Hasil foto tidak akan lebih baik daripada dengan kamera DSLR dengan hanya 10 megapixel namun ukuran sensornya lebih besar. Harap diingat pula bentuk pixel, alogoritma interpolaasi gambar dan teknologi sensor juga mempengaruhi kualitas foto yang dihasilkan. Umumnya kamera DSLR ukuran 6 megapixel ke atas udah cukup baik untuk dicetak dengan  kualitas majalah (300ppi) sampai 10.02 x 6.67 inci.

lensafotografi.com

Kamera DSLR

Fitur Kamera

Fitur pada kamera DSLR yang mungkin perlu Anda ketahui adalah pengaturan ISO untuk memotret di tempat gelap, lensa khusus untuk memotret dengan lebih profesional, dan yang lainnya. Pastikan Anda memiliki tujuan dengan jelas saat menentukan kamera DSLR  yang ingin Anda beli agar fungsinya tidak sia-sia.

Sebelum Anda membeli sebuah kamera DSLR, sebaiknya Anda juga bertanya pada profesional dan beberapa teman yang sudah sering membeli gadget tersebut. Semakin banyak masukan yang Anda terima, maka Anda akan semakin mudah menentukan kamera DSLR mana yang ingin Anda beli.

Perlu diperhatikan pula adalah jenis fotografi yang dikehendaki. Misalnya bila senang dengan kegiatan diluar ruangan di lingkungan yang kotor dan sering hujan maka sebaiknya membeli kamera DSLR yang tahan air dan cuaca. Bila kebutuhannya adalah untuk foto sehari-hari atau jalan-jalan, sebaiknya kamera DSLR yang dipilih ringan dan tidak berukuran besar.

Untuk keperluan olahraga atau jurnalistik, dimana kondisi lingkungan foto kadang-kadang kurang baik misalnya di dalam ruangan yang gelap dan objek foto bergerak dengan cepat seperti foto olahraga, maka kamera DSLR canggih dengan auto fokus yang baik sangat diperlukan.

Harga

Berbagai macam kamera DSLR memiliki variasi harga yang beragam sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Pastikan Anda memiliki budget yang cukup untuk membeli kamera DSLR yang Anda inginkan. Meski punya cukup dana untuk membeli kamera DSLR yang canggih sebaiknya jangan semua dana dihabiskan untuk kamera saja karena ada hal-hal lain yang menjadi penunjang foto yang berkualitas seperti lensa kamera, lampu kilat, tripod, filter dll.

Sumber:

http://www.infofotrgrafi.com

http://ladang-hijau.blogspot.com/2012/05/tips-membeli-kamera-dslr-bagi-pemula.html

http://belajarfotografi.com/tips-sebelum-membeli-kamera-slr/

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: