jump to navigation

Kenali Lebih Jauh Akupuntur Kecantikan Januari 2, 2015

Posted by aditkus in about blogging.
Tags: , , ,
trackback

akupuntur kecantikanAkupuntur pada awalnya hanya digunakan untuk mengobati penyakit semata, bukan untuk kecantikan. Akupuntur kecantikan sendiri mulai digunakan konon ketika ada salah satu pasien di Cina yang mengalami stroke pada separuh wajahnya. Para dokterpun mencoba untuk menggunakan teknik akupuntur untuk menyembuhkan separuh wajahnya itu, dan ternyata berhasil. Bahkan setelah diamati lebih dalam, bagian wajah yang diakupuntur terlihat lebih kencang dan segar dibanding bagian wajah lainnya. Dari kejadian inilah, akupuntur kecantikan mulai digunakan dan dikembangan.

Manfaat  dan Resiko Akupuntur Kecantikan

Manfaat akupuntur untuk kecantikan sendiri terbilang cukup banyak, seperti untuk mengencangkan pipi dan dahi, mengurangi keriput dan kerutan di dahi, menghilangkan jerawat dan flek hitam, memudarkan kantung mata, dan membantu proses regenerasi kulit. Sedangkan manfaat akupuntur untuk kesehatan sangat banyak antara lain untuk mengobati osteoarthritis lutut dan nyeri punggung bawah, memperlancar sistem pencernaan, mengurangi gejala neurologis setelah kemoterapi, memperbaiki sirkulasi darah, menghilangkan stres, cemas dan depresi ringan.

Prinsipnya, terapi akupunktur kecantikan adalah untuk menjaga, mengobati dan mempertahankan keadaan Qi (energi) agar tetap seimbang. Bila kondisi seperti itu bisa tetap terjaga, maka tubuh akan menjadi sehat secara menyeluruh, yang otomatis akan berhubungan dengan kecantikan alamiah yang akan langsung terpancar. Lamanya proses tusuk jarum, tergantung dari kasus masing-masing. Untuk terapi kecantikan, umumnya Anda harus meluangkan waktu antara 30 menit sampai 1 jam sekali perawatan.

Meski memang teknik akupuntur sudah terkenal ampuh mengobati berbagai jenis penyakit, teknik akupuntur tetap memilik resiko. Memang perbandingan antara resiko dengan manfaat akupuntur, lebih besar manfaatnya. Pengobatan dengan teknik akupuntur menggunakan cara tradisional yang memiliki resiko lebih kecil dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan kimia. Manfaat akupuntur juga lebih efektif dan berkhasiat terhadap kesehatan tubuh dibanding dengan obat-obatan tersebut. Namun, teknik akupuntur tetap memiliki resiko hingga menyebabkan kematian. Mengapa demikian? Pada beberapa kasus, bahaya akupuntur terjadi jika teknik tersebut tidak dilakukan oleh seseorang yang benar-benar paham dengan akupuntur. Sehingga menimbulkan efek samping seperti gatal, nyeri, pendarahan dan bengkak. Bahkan, jika orang yang melakukan teknik akupuntur melakukan kesalahan dalam menusukkan jarum atau kedalaman yang tidak tepat, maka dapat merusak syaraf dan juga kematian.

Bagaimana Akupuntur Kecantikan Bekerja?

Secara umum  peralatan yang digunakan dalam proses akupunktur wajah adalah jarum yang ukurannya bermacam-macam, mulai 1/2 cun (ukuran jarum akupunktur) sampai 1 cun (khusus untuk wajah). Terakhir yaitu alat untuk mengaliri listrik yang ditempelkan ke jarum diwajah kita. Prosesnya setelah wajah kita dibersihkan lalu ditusuk dengan kurang lebih 12- 20 buah jarum kemudian dialiri listrik selama sekitar 30 menit. Usahakan kita dalam kondisi rileks saat proses pengaliran listrik ini.

Untuk wajah, penusukan dilakukan di dahi, pelipis, bawah mata, hidung, cuping hidung, sudut mulut, dagu,dan pipi.Wajah, setelah ditusuk dan di aliri aliran listrik, wajah akan dipijat/ ditotok secara perlahan. Hasilnya bisa dirasakan langsung, biasanya setelah selesai akupuntur wajah menjadi terasa kenyal dan lebih cerah. Jika dilakukan rutin, wajah dan kulit kita akan jauh lebih sehat karena peredaran darah dan titik-titik saraf menjadi lancar.

Apa yang perlu diperhatikan dalam Akupuntur Kecantikan?

Untuk bisa memperoleh manfaat akupuntur, teknik akupuntur harus dilakukan dengan menggunakan jarum yang dipastikan steril. Jarum yang sudah pernah digunakan tidak boleh digunakan lagi untuk kedua kalinya. Jarum yang belum digunakan harus disimpan di tempat yang aman dan tersegel serta memiliki persetujuan dari FDA, lembaga kesehatan dalam memberikan legalitas pada alat-alat kesehatan dan salah satunya adalah jarum akupuntur.

Praktisioner sangat berperan penting dalam melakukan teknik akupuntur agar pasien mendapat manfaat akupuntur. Praktisioner yang melakukan teknik akupuntur sudah harus memiliki sertifikat sebagai jaminan bahwa mereka sudah profesional dalam menunaikan tugas tersebut.

Khusus untuk akupuntur wajah, mungkin akan ada berbagai jenis terapi yang akan anda jumpai, misalnya ada salah satu klinik yang menyediakan feeling masker untuk menghilangkan flek hitam atau memadukan teknologi akupuntur dan laser untuk mengencangkan kulit. Pilihlah terapi yang cocok dan aman bagi kulit anda, karena setiap terapi akan memberikan hasil yang berbeda bagi setiap orang, tergantung dari kondisi tubuh anda.

Dengan demikian inti dari cara kerja akupuntur untuk kecantikan adalah untuk menjaga aliran energi agar tetap seimbang. Bila keseimbangan tubuh dapat terus terjaga kecantikan alami anda akan terpancar dan hal ini jauh lebih sehat dan efektif daripada anda menghabiskan banyak uang untuk mengembalikan keremajaan kulit anda. Kulit muka kencang berkat akupuntur dapat anda raih dengan 12 kali terapi rutin selama 30 menit.

Berapa Biaya untuk Akupuntur Kecantikan

Berapa harga akupuntur ini sendiri? Untuk harga tergantung pada klinik yang menyediakan pengobatan tradisional ini. Rata-rata biaya pengobatan per satu kali akupuntur adalah Rp 80.000-Rp 100.000. Berapa kali sebaiknya melakukan pengobatan ini? Untuk hal ini tergantung pada kondisi wajah Anda. Jika ada banyak flek hitam dan jerawat, minimal dibutuhkan waktu setidaknya 5-8 kali akupuntur. Adakah efek samping dari akupuntur? Tidak ada sama sekali karena efek samping hanya muncul jika dokter atau penyedia pengobatan melakukan kecurangan, seperti menggunakan jarum yang tidak steril atau melakukan kesalahan dalam memilih titik yang harus ditusukkan jarum. Tentu hal ini merupakan kesalahan dari para penyedia akupuntur itu sendiri.

Tentunya setelah membaca penjelasan diatas, sudah ada gambaran bagaimana akupuntur kecantikan itu. Jadi tampil cantik itu tidak melulu harus menggunakan produk kecantikan kulit tapi bisa dengan cari lain misalnya memanfaatkan akupuntur dan juga dengan memanfaatkan bahan-bahan alami misalnya susu (baca: Cara Menjaga Kecantikan kulit dengan susu).

 

Komentar»

1. cream jerawat racikan dokter - Agustus 1, 2015

waah bahaya juga nih kecantikan akupuntur, jadi takut yang mau coba tenik akupuntur, ada cara lain gak sis yang alami tapi gampang ?..
ditunggu jawabannya

2. Vera - September 3, 2015

Boleh tau gak alamat klinik akupunturnya ?

3. salonkecantikanpanggilan - November 2, 2015

artikelnya sangat membantu. terimakasih

https://salonkecantikanpanggilan.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: